Bimbingan belajar Ranking menekankan kemampuan membaca cepat kepada siswa. Membaca cepat adalah kemampuan yang sangat penting untuk bisa berprestasi dan juga menguasai ilmu pengetahuan. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini bisa meningkatkan kecepatan membaca. Berikut 13 langkah mempercepat kemampuan membaca:

1. Hitung waktu kecepatan membaca saat ini. Kamu bisa membaca buku dan sambil memegang stopwatch dan menghitung berapa kata yang kamu habiskan untuk membaca dalam waktu tertentu.Cara termudah adalah menggunakan program tes kecepatan membaca online yang banyak tersedia diinternet.Ketika melakukan tes kecepatan membaca, membacalah dengan kecepatan normal. Bacalah 2 atau 3 halaman yang berbeda untuk bisa menghitung rata-rata kecepaan membacamu.

2. Singkirkan gangguan. Jika kamu berpikir bisa membaca lebih baik ketika mendengarkan musik atau ketika sedang dalam keadaan yang bising, itu bisa jadi salah. Kamu mungkin dapat menambah kecepatan membaca jika bisa meminimalisir gangguan. Coba untuk menemukan tempat sunyi untuk membaca, matikan TV, radio, dan handphone.Jika tidak menemukan tempat sunyi, coba menggunakan penyumbat telinga untuk meminimalisir gangguan disekitarmu.

3. Sesuaikan kecepatan membaca dengan materi bacaan. Jika kamu membaca arikel di koran, artinya kamu hanya ingin mendapatkan ide utama, dan kamu bisa membacanya dengan cepat.Jika kamu membaca buku matematika, atau membaca buku yang memerlukan pemahaman yang tinggi, dan kamu harus mengerti seluruh materi bacaanya, Kamu tidak perlu membaca terlalu cepat.

4. Belajar memisahkan antara bagian penting dan tidak penting dengan melihat sekilas semua halaman. Buku apa yang kamu baca, ada masanya dimana kamu bisa membacanya dengan cepat atau bahkan melewatinya saja. Dengan latihan, kamu bisa menilai mana bagian yang penting dan mana bagian yang bisa dilewati saja. Sebelum membaca buku, lihat semua halaman dengan sangat cepat. Coba temukan pola dari pengulangan kata, ide, huruf yang dicetak tebal dan petunjuk yang lain yang menunjukkan sebuah gagasan yang penting. Lalu, setelah membaca buku tersebut, kamu mungkin dapat melewati sebagian besar tulisan dan hanya memperlambat bacaan ketika menemukan tulisah yang kamu ketahui penting.

5. Berlatihlah untuk tidak membaca ulang. Banyak orang sering kali berhenti dan mengulang kembali kata atau kalimat yang baru selesai mereka baca untuk memastikan mereka paham makna bacaan tersebut. Ini sebenarnya tidak penting, tetapi hal ini lama-lama bisa menjadi kebiasaan, dan seringkali kamu tidak akan menyadari bahwa kamu melakukannya. Salah satu latihan akan membantu anda menghindari membaca ulang adalah menutupi baris yang sudah kamu baca dengan kertas diatasnya.

6. Berhenti membaca untuk diri sendiri. Ketika Anda membaca anda mungkin subvocalize atau mengucapkan kata-kata untuk diri sendiri. Banyak orang melakukannya, meskipun dengan tingkatan yang berbeda. Beberapa orang benar-benar bergerak bibir mereka atau mengucapkan kata-kata di bawah napas mereka, sementara yang lain hanya mengatakan setiap kata dalam kepala mereka. Terlepas dari bagaimana anda subvocalize, itu memperlambat anda. Untuk menghentikan kebiasaan itu, cobalah untuk menjadi sadar akan hal itu. Ketika Anda melihat diri Anda mengucapkan kata-kata untuk diri sendiri, cobalah untuk berhenti melakukannya. Salah satu latihan untuk menghentikan bibir bergerak adalah dengan meletakkan jari di mulut dan menjaganya tetap disana ketika kamu membaca.

7. Membaca menggunakan tangan. Gerakan mata yang teratur sangat penting untuk membaca cepat. Anda dapat memaksimalkan efisiensi mata Anda dengan menggunakan tangan anda untuk membimbing. Salah satu metode tersebut adalah dengan hanya menarik tangan Anda ke bawah setiap halaman yang anda baca. Anda juga bisa menyikat tangan anda di bawah setiap baris yang anda baca, seolah-olah anda menyikat debu dari garis.

8. Kurangi waktu pergantian. Ketika beralih dari satu kalimat kekalimat yang lain, mata akan bergerak dengan kecepatan yang sama untuk kembali (kanan kekiri) sebagaimana ketika sedang membaca (kiri ke kanan). Sadari dan perbaiki ini.

9. Berlatih membaca beberapa penggalan kata. Hampir setiap orang belajar membaca kata perkata atau bahkan huruf perhuruf. Padahal tidak semua kata itu penting, dalam rangka membaca cepat, kamu harus membaca kelompok huruf atau bahkan seluruh kalimat atau paragraf pendek dalam satu waktu. Coba untuk focus pada tengah baris ketika membaca satu baris. Jangan biarkan kata apapun terbentuk sebelum pindah kekata berikutnya. Ini akan menyebabkan kebingungan, pada awalnya kamu akan susah mengerti makna dari bacaanmu. Tetapi setelah berlatih dalam waktu yang cukup lama, akan membuat kamu bisa mengabaikan banyak kata tanpa mengalami kebingungan akan makna bacaamu. Ketika kamu sudah ahli dan mengusainya, konsentrasilah pada tengah halaman, bukan pada barisnya.

10. Latih dan dorong dirimu untuk lebih cepat. Kemampuan membaca cepat membutuhkan latihan yang banyak. Selalu dorong dirimu untuk melampaui kemampuan yang sudah kamu miliki. Selalulah berlatih secara konsisten.

11. Ukur waktu membacamu secara berkala. Setelah latihan selama seminggu, ukur lagi waktu membacamu. Lakukan ini secara berkala dan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca.

12. Cobalah untuk membaca satu sesi selama 20 menit dengan satu buku dan satu tujuan yang jelas. Jika kamu merasa masih memerlukan informasi tambahan dari buku tersebut, jangan mengulangnya sebelum menghabiskan waktu latihan satu sesi.

13. Miliki tujuan membaca yang jelas. Ketahui apa yang ingin kamu dapatkan dari buku sebelum kamu mulai membacanya.

Franchise bimbingan belajar Ranking.