Belajar tidak hanya berhubungan dengan buku-buku yang merupakan salah satu sarana belajar, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana si anak berinteraksi dengan lingkungannya, yaitu pengalaman. Hal yang penting dalam belajar adalah perubahan perilaku, dan itu menjadi target dari belajar. Perilaku ini tentunya dapat dibentuk melalui pengalaman bagaimana ia belajar. Misalnya, anak yang dapat dengan mudah menyerap informasi yang diberikan pastinya mempunyai cara tersendiri dalam belajar. Nah, penasaran dong bagaimana sih caranya belajar yang menyenangkan? RANKING punya ‘nih beberapa tipsnya!

Pertama, belajar menggunakan media yang berbeda.

Belajar tidak hanya menggunakan buku catatan saja. Bisa juga menggunakan komputer atau laptop, bahkan smartphone kita, apalagi hanya untuk mencatat atau sekedar membaca catatan yang sudah dibuat sebelumnya. Selain mudah dibacanya menggunakan media tersebut juga dapat memperindah catatan kita ‘loh apalagi dengan fitur-fitur editing yang ada di dalamnya.

belajar

Keduabelajar bersama teman.

Belajar bersama teman juga bisa membantu kita untuk cepat menyerap materi pembelajaran, ‘loh. Sebagai contoh, kalau kita kesulitan mengerti pada materi tersebut, kita bisa berdiskusi dengan teman. Jadi, bisa bertukar pendapat dengan teman, ‘kan?

 belajar bersama teman

Ketigabelajar sambil mendengarkan musik.

Salah satu membuat proses belajar itu menyenangkan adalah dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik cukup mampu memberikan rasa rileks, sehingga materi pembelajaran akan dapat dengan mudah di tangkap. Musik yang di rekomendasikan oleh RANKING adalah musik-musik yang tidak memiliki liriknya. Hal ini bertujuan agar otak kita tidak terpecah konsentrasinya antara lagu dan materi.

mendengarkan musik

Keempat, belajar dengan pencahayaan yang baik.

Apapun media yang digunakan untuk belajar, pastikan pencahayaannya baik ya. Hal ini berguna juga agar mata kita ‘gak rusak atau sakit. Kalau pencahayaannya kurang, bisa kok dengan menggunakan lampu tambahan, yaitu lampu belajar.

pencahayaan belajar

Kelima, siapkan camilan.

Sehabis belajar atau bahkan saat belajar tentunya kita akan merasa lapar karena cukup banyak energi yang sudah dikeluarkan untuk belajar. Nah, camilan sangat dibutuhkan untuk menghilangkan rasa lapar sesaat yang mengganggu konsentrasi belajar. Jangan makan sekantung besar keripik. Cobalah camilan sederhana, seperti apel atau pisang. Vitamin B sangat bagus, tetapi camilan lain seperti permen boleh saja sesekali agar kamu tidak memikirkannya. Cobalah camilan yang kaya vitamin B seperti kacang karena vitamin B bagus untuk otak.

camilan buah

cemilan kacang almond

 

 

 

Keenam, istirahat yang cukup.

Setelah belajar, jangan lupa untuk beristirahat. Belajar tidak harus di forsir terus menerus, istirahat juga baik untuk konsentrasi dan juga kesehatan kita. Selain badan, otak juga perlu di istirahatkan ‘loh.

Istirahat

Nah, itu adalah tips dari RANKING mengenai Cara Belajar yang Menyenangkan Ala RANKING. Yuk, perhatikan bagaimana cara kita belajar.

Mari berbisnis dan mewujudkan siswa/siswi Indonesia berprestasi bersama waralaba bimbel RANKING. Untuk informasi lebih lanjut dan proposal franchise, hubungi 081388684052, 085718666639, 081932603232, atau 082111700840. Email: info@ranking.com